Category Archives: Curhatan

Untuk para penuntut Ilmu

“Selamat datang wahai pencari ilmu ! Sungguh pencari ilmu dinaungi malaikat dengan sayap-sayapnya, kemudian mereka bertumpuk satu di atas lainnya sampai mencapai langit dunia karena kecintaan mereka kepada upayanya menuntut ilmu”

(HR Ahmad, Thabrani, Ibnu Hibban, Hakim dan Ibnu Majah)

Selamat datang Mahasiswa Baru!

Alhamdulillah, Bulan Februari lalu saya resmi menyandang predikat baru sebagai.. MaBa (Mahasiswa Baru) hehee.. Sebenarnya sih saya sudah mengalami masa2 perkuliahan Farmasi-Apoteker di Depok dan sudah bekerja juga di Cikarang.. Tapi kali ini rasanya beda..! MaBa yang satu ini serasa luar biasa…

Bulan Februari 2012 lalu saya resmi menjadi MaBa di Al-Husnayain, lembaga pendidikan Ilmu pengetahuan Islam yang berlokasi di Harapan Baru Bekasi Barat, tak jauh dari rumah. Saya ambil jurusan Dirosah Islamiyah, belajarnya ya ilmu2 agama Islam seperti Fiqih, Aqidah, Al-Qur’an, dsb…. Belajar lagi dari dasar, yang namanya thoharoh, sholat, wudlu dsb.. Syahadat, Rukun Iman, Islam dll.. Juga Al Quran, periwayatannya, dsb.. 🙂 Oh ya, dsini ada 3 jurusan. Yg pertama ialah Dirosah Islamiyah, blajarnya ttg ilmu agama Islam secara komprehensif, 4 semester. Kedua, Bahasa Arab, 4 semester. Ketiga, Tahsin, belajar cara mmbaca Qur’an dgn baik dan benar, 2 semester.

Saya ingin ikut karena menyadari betul Ilmu agama saya sangat kurang.. Saya mmg pernah mngenyam SD islam, tapi ilmu agamanya ya namanya SD paling kayak gimana sih.. hee.. Lanjut di SMP Negeri, SMA Negeri, trus kuliah negeri.. Kontak dgn yg namanya ilmu agama bener2 sdikit skali.. ha ha haa… (ketawaa muluu).. Yaa, kali aja jadi orang benerr.. 🙂 namanya juga usaha, dmulai dari nambah wawasan dulu…

Lalu Luar biasa karena apa? kalau dulu kuliah farmasi dibiayai orang tua, kini bisa biayai sendiri (Alhamdulillah).. Biayanya alhamdulillah masih terjangkau, SPP 220 ribu per semester dengan pertemuan sekali seminggu (tiap ahad). Oia plus biaya daftar ulang per semester dan biaya ujian semester jadi total 320 ribu per semesternya (belum termasuk diktat kuliah yang cuma gak sampe 50 ribu hehee). Tiap pertemuan ada 3 mata kuliah.. Masa studinya 2 tahun (4 semester)

(mungkin ini lucu) hahaa.. saya jadi merasa seperti anak-anak di sini.. Sbenernya ini kan SD Islam Terpadu (SD IT), tapi tiap sabtu ahad dibuka kelas Madrasah/Mahad untuk umum, jadi ya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, saya duduk di bangku SD yang kecil.. ha ha 😀 😀 .. Tapi bangkunya kuat untuk diduduki sama orang dewasa hehee..

Saya jadi serasa anak SD. menjiwai jiwa seorang anak-anak yang hidup dgn bermain belajar tanpa beban. ha haa.. Alhamdulillah lumayan buat pelepas lelah setelah kerja senin-jumat/sabtu di kantor.. Jadi orang dewasa itu mmg banyak pikiran.. Dgn ikut kuliah di sini, Semua terasa menyenangkan.. Kalo bel istirahat, jajan batagor atau gorengan.. serbuuu.. hahaa.. bener2 berasa seperti anak2.. seru

Dan juga, selain pengajar2nya yg lulusan LIPIA yg udah gak diragukan lagi ilmu Islamnya, mereka juga kdang pandai berguyon hahahaa.. Teman2 di kelas juga gak terlalu ikhwan/akhwat banget.. Jadi seru saja di kelas.. Belajar ya belajar, tapi ada ketawa2nya juga.. ha haa..

Sekian curhatan dari saya hahaa..

Wassalaam 🙂

Cia-cita

Biarkan cita-cita ini tetap berada setinggi langit. Tugas kita hanyalah tinggal terus meningkatkan kualitas diri. Slanjutnya, biar takdir yang berbicara.. (MF, 2012)

Lulus Apoteker

Alhamdulillah, Rabu 21 September 2011 lalu, diadakan Sumpah Apoteker Universitas Indonesia di Balai Sidang UI Depok. Alhamdulillah, hasil akademik di program pascasarjana apoteker mampu memperbaiki hasil yang kurang ketika di S1 Farmasi dahulu, dan sesuai target.

Galau mahasiswa Tingkat Akhir -__-“

Tuhan bersama Mahasiswa Tingkat akhir..!!

Haduh haduh.. tiba2 saya dapet gambar itu gak sengaja

dan saya jadi galau setengah Mati karna saya satu d antara mahasiswa tk.akhir -___-” (maklumlah udah mau deadline laporan PKPA dn ujian sidang).. rasanya semua pikiran benar2 tertuju ke sana.. yang lain2nya lupa (gak semuanya juga sih, masa lupa shalat juga??!), yang ini (nasib lulus ato kagak) teringat2 terusss… sampe kmaren kebawa tidur pula hadeehh… Huaaa.. sampe saya jadikan background akun TWITTER.. 😀 (yee ini anak malah nyengirr)

Tapi di balik kata2 itu, tercermin bhwa Allah akan membantu hamba-Nya yang sungguh2 belajar dn berusaha dalam posisi sulit (sulit menjelang ngumpulin laporan, ujian kompre dan sidang –> saya bangeett :’) ).. Tp Satu hal yang pasti adalah harus yakin, Insya Allah LULUS… –> jadi inget kisah 7 pemuda beriman (ashabul kahfi) dan anjingnya yg terjebak di gua selama 309 tahun.. hehe..

Tapi ntah knapa saya tidak mau sekedar Lulus tok.. Ingin rasanya merubah transkrip S1 yg ada tinta merahnya menjadi tidak ada.. ingin sekali rasanya meningkatkan IPK agar lebih besar dari S1… Habisnya IPK itu penting buat lamar kerja,, iya sih S1 kmren masih 3, tapi merahnya itu lhoo… -___-” ,, coba kalo gak 3, bedeeehh mau nglamar kmana saya??? -___-” (bisa2 buat nglamar anak orang aja juga ditolakk.. waaaa #lebayyy tapi mgkn juga bener.. –> jadi inget cerita orang)..  ini satu hal yg saya lupakan di S1, pikir saya, yaaahh yang penting 3 lah, mepet2 jg ga pa pa.. (ga boleh ah.. gak baik).. –> padahal sbnernya gak mepet juga kan lo Dzi?? he he iya tertolong..

yah namanya juga manusia, ingin lebih baik dari hari ke hari… apakah itu berlebihan?? mudah2an tidak.. dan mudah2an usaha saya juga sesuai dengan apa yang saya harapkan, dn diistiqomahkan untuk ini…

satu penyakit saya, saya senang belajar dan tak jarang benar2 menikmati proses belajar, tak salah memang, tp lupa fokus penuh d hasil.. habisnya sudah menikmati proses… inilah yg membedakan saya skrang dg di SMA.. jauh berbedaa..

Jadi sesi curhat gini.. (dan lupa belajar ama buat laporaaann waaa).. ya udah habis nulis ini langsung belajar yaakk Dzi… he he..

semangat semangat!! ditulis biar smangatt!! Prinsip dokumentasi… Tulislah apa yang kamu cari dan carilah apa yang kamu tulis..

Laa tahzan Innallaaha ma’anaa..

Man jadda wa jada…

Bisa gak ya bisa gak ya bisa gak ya ????!!

Mudah2an saja……

Yang baca tulisan ini diaminkan yaa… jangan diketawain.. 🙂

KENANGAN BANJIR 2 METER DI RUMAH (Feb 2007)

ini adalah kondisi rumah saya waktu banjir, diambil dari rumah tetangga lante 2..

 

 

Kalo yang ini dambil dari rumah tetanga yg laen, rumahnya tepat di depan rumah tetangga yang saya maksud d gambar 1. Maklum lah saya ngungsi ke rumah etangga yg atu trus yg lain cz rumah saya gak tingkat … hahaaa … sedihnyaaaa

Nah ni temen saya lagi berenang di air banjir, hahahahaha

ini adalah gambar tim relawan partai tertentu yang lagi nyelamatin warga

 

beginilah tragedi d februari 2007

Waktu itu saya lagi semester 2 kuliah

mmm….

sebagai bahan introspeksi diri

kalo bencana bisa datang kapan saja

kalau saja sya telat keluar rumah 1-2 menit waktu itu, kayanya saya uda tinggal nama

Itupun pas lagi jalan buat ngungsi, aer udah pas semata saya, jadi pas saya jinjit tinggi aer udah sampe hidung.. kebayang banget saya susah napas waktu itu, hampir matiiii

Ibu  bapak saya waktu itu udah ada d lante 2 rumah tetangga

sayanya aja yang dodol udah dpanggil2 masi juga ngurusin harta benda d rumah

Yaaah, lagi-lagi sebagai introspeksi diri

Kita harus siap dengan ujian dari Alloh

Melihat tragedi tsunami, merapi dll, rasanya bencana yang saya alami ini masih sangat sangat kecil … tapi saya sebagai manusia takutnya sudah sedemikian besar

 

Mari beristighfar

 

Lokasi :

Perumahan Harapan Baru, Bekasi Barat

 

Kutipan : KUPU-KUPU

ia tidak akan pernah tau warna dan corak sayap mliknya, tapi makhluk lain yg melihatnya tau betul betapa indah sayap yang ada padanya.. Sehingga ia tak sadar kalau ia sedang diperhatikan..

Jika saya ingin melihat indahnya kupu-kupu, maka saya juga harus berani melihat jijiknya ulat

Seperti kupu-kupu.. SeMakin dikejar, semakin menjauh .. maka biarkan saja ia terbang kesana kemari…

Curhatan @ Silaturahim CT MII 2009

Masa2 yang indah

masa2 berjuang untuk kebaikan

masa2 yang takkan kulupakan

masa2 yang penuh dengan sekelumit beban berat dengan amanah yang dipanggul ini .. jika tak kuat bisa merubuhkan pundak.. bukan amanah biasa..

Tapi saya bahagia, saya mendapat hidayah

bertemu dengan orang2 shaleh d sekitar saya

yang mengingatkan saya apa itu arti keimanan, kebenaran, perjuangan, dan Mahabbatullah .. Jauh di atas sekedar kepentingan akademis belaka

Maka,

Kenanglah masa2 itu, masa2 dimana kamu sempat menjadi orang baik bersama orang2 yang baik

Maka, tatkala kamu bertabiat buruk, ingatlah masa2 itu .. kamu pernah berjuang untuk kebaikan bersama orang2 yang dibukakan mata hatinya untuk beramar maruf nahi munkar]

Maka tatkala kamu lupa kepada Alloh, ingatlah bahwa kamu dulu sempat ingat kepada-Nya dalam pagi petang dan malam, bersama orang2 yang diingatkan hatinya ke hadirat-Nya

Maka ketika kamu mencintai sesuatu, ingatlah dulu kamu pernah bersama-sama membangun kecintaan dalam bingkai ketaatan kepadaNya bersama orang-orang yang dicintai-Nya

Yaa Rabb, saya hanyalah makhluk yang lemah, bergelimang dosa, sedikit amal, banyak membual yang kadang tanpa disertai tindakan amal nyata

Yaa Rabb, janganlah engkau cabut hidayah ini … Janganlah engkau mematikan kami dalam keadaan tak beriman kepadaMu..

Yaa Rabb, hanya kepada Engkaulah tempat kembali, hanya kepada Engkaulah tempat meminta ..

Bekasi, 8 Agustus 2010

Hifdzi Ulil Azmi

Core Team Departemen Ilmi (Keilmuan) BO Musholla Izzatul Islam (MII) FMIPA UI 2009

Testimoni About Hifdzi UA @ STUDEK Farmasi UI 2006

Pada liburan pasca semester 6 kemarin (pertengahan tahun 2009), saya dan teman2 seangkatan Farmasi UI 2006 mengadakan perjalanan Studi ekskursi (STUDEK).. Pada acara tersebut ada acara tuker-tukeran komen ( TESTIMONI ).. Dan …. berikut testimoni teman2 terhadap saya,  Macam-macam deh pokoknya … Lucu juga bacanya.. ^^ Hahhahaha .. makasih ya komennya … ^^

  1. Hifdzi itu lucu banget ya…. Suka ngebanyol. Ga nyangka kalo Hifdzi selucu itu, Gw kira hifdzi orangny pediem . Hehehe
  2. Hifdzi ya,,, Asik juga kalo diajak ngobrol, hehe… (ternyata,, akubaru tahu lohh) … Hifdzi juga orang yg bertanggungjawab kok .. Trima kasih ya zi tuk bantuan selama ini .. dan tetep semangatt tuk jalani sisa studi di farmasi tercinta ini, walopun ada rencana tuk melanjutkan S2 d jurusan lain,,, OK ??! Semangat Zi !!! ^o^
  3. Hifdzi bae… Tp sptinya kurang galak ato gahar … Haha ^^ . Smangat ya di Far !
  4. Jago gambar, fisikawan, lucu, asyik dijadiin partner
  5. Hifdzi anaknya sopan banget, kadang2 lucu juga.. Rajin, alim
  6. Hifdzi itu orangnya pendiem .. suka nyanyi juga ya .. tetep semangatt!!
  7. Orannya diem sih, jadi gak begitu dekat dan gak begitu tau tentang hifdzi
  8. Baik, gokil juga, religious, pinter fisikanya
  9. Rubah tata bicara.. Thx
  10. Orang yg hampir pasti selalu pakai kemeja kalo ke kampus .. ckck.. skali2 pake kaos dong dzi ..!
  11. Kalem,, hehe
  12. Gw kira alim banget, ternyata bisa bercanda juga si hifdzi, hahahaa,, hifdzi juga manusia kan ya?
  13. Owahoi hifdzi.. hifdzi itu orangnya agak kaku. Umm, tapi kalo udah ketawa.. Hhaha, gw angkat tangan  =p . Hifdzi itu tipe maasiswa yang concern bgt sama kuliahnya
  14. Hifdzi, asik2 aja
  15. Sopan banget tapi kadang narsis
  16. Hifdzi itu : Master Fisika, baek, pinter, tpikal cowok sopan
  17. Sopan, “Jo” ????, Saya adalah cirri khasnya hifdzi, agak pemalu dan jaim tampaknya
  18. Cowok terdiem di farmasi 06 kayaknya. Hehehh
  19. Si Hifdzi, selalu nyari gw pas mau ujian, cari potokopian, hahahaha… selain itu mah kita jarang komunikasi ya Ji, seadanya lah, haha
  20. Skelompok ma hifdzi mnurut gw hifdzi orang yang pendiam, bertanggungjawab, baik dehh.. map ya kalo ada salah …
  21. Agak pendiem ya kyakna… bukan tipe oran yang bs memulai pembicaraan gt.. Friends forever. !
  22. Pertama kenal kesanya hifdzi itu apatis, jutek, galak… Ternyata,,, POLOS banget … !!!
  23. hIfdzi,,, melakolis. Yg kalo menurut gw suka nulis2 puisi,cerpen, novel, ato apa gituu, bener gak jo?
  24. Pendiem, agamis
  25. Mnrut gw, dia orang paling alim d farmasi, jago nulis..
  26. Cukup pendiam, tapi kalo dah ngomong baru keliatan ramahnya .. Yang lucu foto2 hasil editan fesbuknya.. hhaha
  27. Suka dan jago nulis, dapat diandalkan
  28. Sangat bisa diandalkan saat kelompok praktikum semsol
  29. Pendiem banget, cukup disegani sama temen2 yg lain, punya karisma d balik sisi diemnya, baik, beragama banget
  30. Hifdzi itu bae, enak diajak ngobrol. Dari luar keliatannya agak cuek tapi sbenerna hifdzi itu tmn yg oke dan ga sombong
  31. Ulil, ulil.. heee, anak ma pendiem abis … hehe …
  32. Cowo far yg sopan
  33. Dari pertama hingga sekarang tetap seperti itu . pendiam …
  34. Jadi ngebangun salon ney? Buat muslim dan muslimah dunk . gw dikasi diskon ya
  35. Gw paling suka kalo lo meang MIC, kayak penyanyi professional… pendiem juga
  36. Paling cowo di farmasi
  37. Pendiem, gaya megang mic nya khas  ala2 rocker gituh
  38. Thanks to be my friend
  39. Kamu mirip sepupuku… kamu juga mirip Nida…hehe… Oya! Aku tak segenit yang kau pikirkan. Cuma bercnda waktu itu. Maaf ya kalau tidak berkenan? Hehe
  40. Tadina gw kira hifdzi tu pediam, tapi lama kelamaan orangnya gokil juga.. Thx ya Dzi udah jd temen gw.. semangat!
  41. Pendiem, polos
  42. Coba lebih tegas… pegang prinsip hidup… jujur dan tersembunyi … baik hati… coba lebih perhatian dan peduli ma teman . ayo lebih aktif
  43. Sobat gw banget, soleh, baek, enak banget buat teman! Thx Sob!
  44. Zi, jgn mudah terpengaruh ama org lain. Jadilah diri sendiri apa adana. Terslah berkarya untuk tulisanmu. Oia hifdzi juga orangnya SLENGEAN. Mungkin karena suka sama SLANK jadinya begitu. Hehe.. Penyuka anime, warkop, Exist.. Haha… terakhir nasehat tuk hifdzi : jangan pernah berhenti tuk berjihad
  45. Mungkin kita tidak begitu mengenal satu sama lain, tapi hifdzi adalah teman yang menyenangkan dan baik. Sukses selalu buat Hifdzi!
  46. Semangat tiup serulingnya hehe.. thx udah jadi temen gw
  47. Hifdzi itu baik.. ramah.. dan jago gambar ehe. Jadi inget waktu dulu bikin bendera buat OKK Far. Tetap semangat hifdzi..!!
  48. kAlo bisa hifdzi jangan teralu pendiam ya . hehehe … tambah dewasa lagi deh …
  49. Hifdzi .. pendiem, OK. Friends forever hifdzi . . . .
  50. Assalaamualaikum, Pak Aji..
  51. No Comment, maapin ya
  52. Kurang gitu kenal ma Lw, bingung mw nulis paan??
  53. Ayo kita bikin salon !!
  54. Baek2 aja
  55. Asik-asik aja

Yupp, begitulah pandangan teman2 terhadap saya … yg namanya manusia punya kelebihan dan kekurangan .. Insya Allah akan saya perbaiki karakter saya agar lebih baik lagi …

Komen ini sengaja saya tulis ulang untuk mengabadikan, kalau saat kuliah kemarin, saya punya teman2 hebat dari Farmasi UI 2006 ..!!  teman2 yang perfect, cerdas, beragam etnis dan belum pernah saya temui teman2 yang seperti ini.. Subhanalloh, saya senang .. dan kini,  sebentar lagi kita akan lulus dari S1 reguler Farmasi UI ..senang sekali rasanya …

Hanya saja, mngkin sesaat lagi kita tidak akan bersatu seperti ini lagi ..  hix hix … 4 tahun berjuang akhirnya muncullah masa perpisahan… tak terasa waktu berlalu begitu cepatnya .. memang setiap pertemuan akan ada perpisahan … Dan jalan yang kita tempuh pasti akan berbeda2 … bagi yang lanjut Apoteker, smoga kalian berhasil nantinya ya.. bagi yang tidak, smoga keberkahan juga senantiasa Alloh berikan … bagi yang akan memulai penelitian, smoga dimudahkan dan segera menysul tman2 yg lain untuk lulus … adapun bagi yang lanjut kuliah ke bidang studi lain, smoga bisa mnyesuaikan diri dan sukses nantinya … Saya salut dan bangga bisa mengenal kalian … Smoga kita menjadi orang sukses nantinya… AAMIIINNN … tetap semangatt .. hidup Farmasi UI 2006 !!!!!! Rainbow united … !!!

Wassalaam